Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA)  merupakan salah satu kegiatan yang ditujukan untuk mewadahi para peneliti, pegiat, dan pemerhati BIPA di seluruh Indonesia dan mancanegara untuk mendiskusikan berbagai persoalan terkait ke-BIPA-an. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Afiliasi Pengajar dan Pegiat BIPA (APPBIPA) setiap dua tahun sekali dengan menggandeng institusi penyelenggara BIPA.

Penyelenggaraan KIPBIPA XI tahun ini bekerja sama dengan Indonesian Language and Culture Learning Service (Inculs) Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Kegiatan ini diharapkan dapat mewadahi para pegiat BIPA, baik di seluruh Indonesia maupun di luar Indonesia, untuk bertukar pikiran dan berbagi pengalaman ke-BIPA-an berkaitan dengan pengembangan BIPA pada era Revolusi Industri 4.0.  

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menghasilkan embrio rumusan standardisasi pengajaran BIPA yang meliputi kompetensi (pelevelan) dan materi ajar, proses pembelajaran dan penilaian,  serta pelatihan dan pengajar. Selain itu, hasil kajian dalam bidang ilmu sosial humaniora dan sains-teknologi diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran BIPA. Dalam kaitannya dengan dunia usaha dan dunia industri, konferensi ini digagas untuk menghasilkan sinergi antar-berbagai unsur yang bergerak di dunia ke-BIPA-an sehingga memperluas jejaring BIPA.